Rak Buku Femmy

TJ Contoh Terjemahan

Materi apa yang sebaiknya dijadikan contoh terjemahan?

Materi apa pun yang Anda minati dan Anda kuasai. Kalau Anda berminat menerjemahkan novel, buatlah contoh terjemahan dari novel. Kalau Anda berminat menerjemahkan buku manajemen, buatlah contoh terjemahan dalam topik ini. Tunjukkan kemampuan Anda menerjemahkan materi tersebut.

Dari mana cara memperoleh teks untuk diterjemahkan sebagai contoh?

  • Dari koleksi buku atau majalah sendiri.
  • Pinjam dari koleksi buku teman atau perpustakaan.
  • Beli dari toko buku.
  • Cari di Internet. Banyak penerbit dan penulis yang memuat contoh 1-2 bab buku di situs web mereka. Toko buku online pun banyak yang menyediakan contoh 1-2 bab agar calon pembeli bisa mencicipi sedikit buku yang diminati. Selain itu, di Internet juga banyak tersedia artikel atau cerpen, tinggal cari yang sesuai dengan minat Anda.

Bolehkah membuat contoh terjemahan dari buku yang versi Indonesianya sudah terbit?

Sebaiknya kita memilih buku yang belum diterbitkan versi terjemahannya. Kalau versi terjemahan sudah terbit, nanti editornya tidak bisa yakin apakah contoh terjemahan kita murni hasil pemikiran sendiri ataukah merujuk pada terjemahan yang sudah ada.

Bagaimana cara mengetahui suatu buku sudah ada versi Indonesianya atau belum?

Coba periksa di situs Goodreads. Setiap halaman buku di situ memuat tautan ke daftar edisi yang sudah terbit. Buka saja daftar itu dan cari apakah ada edisi yang diterbitkan oleh penerbit Indonesia.

Apakah naskah asli harus disertakan bersama contoh terjemahan?

Harus, supaya editor bisa membandingkan contoh terjemahan dengan naskah aslinya dan menilai kualitas contoh tersebut. Cukup lampirkan fotokopi bagian naskah asli yang dijadikan contoh terjemahan, tidak perlu seluruh buku.

Tinggalkan komentar

Arsip