Rak Buku Femmy

Menyisir Jalan Menangkap Matahari – Muttaqwiati

Posted on: 16 Februari 2013

Menyisir Jalan Menangkap MatahariNovel ini bercerita tentang Ibnu Sabil, pemuda dari keluarga kaya yang merasa terkekang oleh tuntutan orang tuanya yang terlalu mementingkan gengsi, menyuruhnya kuliah di bidang yang tidak disukainya, demi mengejar harta dan status.

Ia pun minggat untuk mencari jalan hidupnya sendiri. Tetapi, pencarian itu bukanlah hal yang mudah. Terlepas dari kungkungan orang tua, tetap masih ada aturan dari tempat kerja. Ibnu menjadi gamang soal arti kebebasan yang hakiki. Demikianlah kemudian novel pendek ini menuturkan perjalanan Ibnu dalam pencariannya itu. Menjadi buruh pabrik, petugas kebersihan, sampai sopir.

Sayangnya, aku tidak terlalu menikmati ceritanya, terutama karena tokoh utamanya. Aku merasa Ibnu egois, minggat lalu tak pernah berkabar kepada keluarganya. Tidak pula tertarik menuntut ilmu atau mengembangkan diri, sehingga aku tidak bersimpati kepadanya.

Namun, dalam novel ini ada juga satu-dua bagian yang berhasil menyentuh kalbu. Inilah yang kusukai dari kebanyakan buku FLP, yang selalu mengingatkan pembacanya tentang Allah dan iman Islam.

Ketika seseorang terbebas dari belenggu setan, ketika seseorang terbebas dari hawa nafsu, ketika seseorang berani berbuat apa saja tanpa takut dihalangi, dimaki, dihujat, disiksa, dan sebagainya, kecuali takut kepada Allah, maka saat itulah seorang hamba Alah memperoleh kebebasannya yang hakiki.

Tinggalkan komentar

Arsip