Rak Buku Femmy

Menengok bacaan 2009

Posted on: 10 Januari 2010

Tahun ini aku membaca 32 buku, naik sedikit dari tahun lalu yang hanya 30 buku. Lagi-lagi gagal mencapai target membaca empat buku per bulan. Hiks.

Kalau dilihat polanya, sepertinya ini berkaitan dengan pekerjaanku menerjemahkan. Akhir-akhir ini kecepatanku menerjemahkan buku menurun, terutama karena sering terselang terjemahan dokumen–waktu yang dipakai untuk terjemahan jenis ini sebenarnya tidak banyak, tapi aku kadang kesulitan masuk kembali ke suasana menerjemahkan buku. Akibatnya, setiap beberapa bulan, aku harus mengejar tenggat dan mengurangi waktu membaca. Aku mengejar terjemahan Jonathan Strange & Mr Norrell jilid 2 pada bulan Februari, lalu jilid 3 pada bulan Mei. Mulai bulan Juli aku keranjingan Skritter, situs web untuk berlatih aksara Mandarin, sehingga sebagian besar waktu luang dipakai untuk berlatih, bukan membaca. Akhir tahun lagi-lagi aku mengejar terjemahan, kali ini The Eye of the World. Entah kenapa, tahun ini aku kebagian novel tebal-tebal. JSMN 1000-an halaman, sedangkan tEotW 800 halaman. Awal tahun ini pun menangani buku hampir 600 halaman.

Tahun ini aku melanjutkan penjatahan bacaan yang dimulai tahun lalu, yaitu setiap empat buku yang dibaca, keempat itu harus terdiri atas satu novel fantasi, satu nonfiksi (biasanya tentang agama atau bahasa), satu karya penulis Indonesia, dan satu bebas (biasanya fiksi karya penulis asing).

Fantasi

Fiksi penulis Indonesia

Fiksi penulis asing, non-fantasi

Islam

  • Quantum Ikhlas, Erbe Sentanu ***
  • 111 Teladan sang Khalifah, Rachmat Taufiq Hidayat ***
  • Aqidah Islam, Sayid Sabiq ***
  • Kenapa Kita Islam, Dr. Yusuf Qardhawi **

Bahasa

  • Tersesat Membawa Nikmat, Bahterawan ***
  • Translation, Zuchridin Suryawinata & Sugeng Hariyanto ****
  • Santun Bahasa, Anton M. Moeliono ***

Nonfiksi lain
That’s All,
Tami “Pepeng” Ferresta ****

Tinggalkan Balasan

Arsip

