Rak Buku Femmy

Senyuman Dewa Pedang – Gu Long

Posted on: 3 Mei 2008

Sudah lama aku ingin terjun kembali membaca cerita silat, merenangi lagi sungai-telaga, apa lagi setelah suami membawa koleksinya ke rumah. Tapi, aku merasa “wajib” menghabiskan dulu daftar dosaku yang panjang itu sebelum merambah ke sana, jadi keinginanku ini tak kunjung kulaksanakan.

Nah, akhir pekan lalu ada undangan dari Om Tjan ID (penerjemah tjersil) yang menikahkan anaknya di Semarang. Maka kami Ban-liong-siang-koay pun berangkat ke sana untuk turut merayakan kegembiraan, sambil tak lupa menggunakan kesempatan ini untuk berkumpul dengan kawan-kawan sesama penggemar tjersil, utamanya di Integrita, kantor penerbit Patja Satya. Melihat semua buku yang berjajar di rak, rasanya ingin sekali membaca semuanya sekaligus. Suami menawarkan membeli beberapa, tetapi teringat tumpukan buku belum dibaca di rumah, aku menolak. Namun, ternyata Om Tjan memberikan buku terjemahannya yang terbaru sebagai cendera mata khusus bagi anggota MTjersil. Jadi, kami tidak pulang dengan tangan hampa.

Senyuman Dewa Pedang (劍神一笑 – Kiam-sian-it-siauw) karya Khu Lung adalah buku kesepuluh dalam seri Liok Siau-hong. Dulu aku pernah nonton serial televisinya, tetapi ceritanya sudah lupa semua, dan entah apakah buku ini dimasukkan ke serialnya.

Dalam jilid ini, Liok Siau-hong menyelidiki hilangnya sahabatnya Liu Ji-kong, dan datang ke sebuah desa sepi yang terpencil bernama Ui-sik, tempat “bunga tak harum, burung tak berkicau, ayam tak berkeliaran, anjing tak berlarian dan kelinci pun tak bisa buang air.” Warga desa itu juga aneh-aneh. Misteri pembunuhan yang lumayan bikin penasaran. Dalam cerita ini juga kita bertemu kembali dengan si Kuah Daging, Sukong Ti-sing, Lausit Hwesio, dan Sebun Jui-soat.

Yah… lumayan sebagai buku tjersil pertama yang kubaca setelah sekian lama. Hanya 228 halaman, ringan dan kadang lucu. Lanjut ke buku berikutnyaaa….

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 732 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: